PERTEMUAN UAS(Jurnal)

SISTEM INFORMASI PERHITUNGAN & PEMBAYARAN PERUSAHAAN LISTRIK NEGARA(PLN) KAB.BANYUWANGI DENGAN MENGGUNAKAN PEMOGRAMAN METHOD DAN FUNCTION

 

Mochammad Noer Muslimin

Jurusan Teknik Informatika,STIKOM PGRI Banyuwangi Jawa Timur

Jln.Jend.Ahmad Yani No : 80 Banyuwangi

Telp:(0333)7700669 Fax: (0333)417902

Email : stikom.banyuwangi@yahoo.co.id

 

 


Abstrak

Method dan function atau juga di sebut dengan nama fungsi merupakan representasi dari perilaku object. Istilah method lebih umum dikenal pada bahasa pemrograman Java, sedangkan pada C#(Sharp) lebih dikenal dengan istilah fungsi. Baik Method maupun Fungsi mempunyai maksud yang sama. Jika mengambil contoh object di dunia nyata, misalnya studi kasus pada motor. Motor mempunyai beberapa fungsi yang dapat dijalankan seperti berjalan, mengerem, dan berbunyi (klakson). Perilaku ini dapat direpresentasikan dalam fungsi misalnya run(), brake(), dan horn().

Pada umumnya setiap fungsi mempunyai jenis kembalian atau return type dari hasil eksekusi fungsinya. Sebagai contoh diambil fungsi run() akan menghasilkan motor dalam kondisi berjalan, fungsi break() menghasilkan motor akan berhenti dan fungsi horn() menghasilkan bunyi klakson. Selain itu, sifat fungsi ada yang dapat diakses atau dipicu dari luar atau hanya bisa dipicu oleh object itu sendiri.

Kata kunci= C#(Sharp),Method,Function.

1.Pendahuluan

Perusahaan Listrik Negara di Kota Banyuwangi dalam menggunakan system informasi pemograman sangat berkembang dengan baik dan pesat,sehingga dalam pengembangan pemograman pada pembayaran dan perhitungan harus di lakukan perbaikan secara terus menerus,karena hal itu menyangkut kualitas pelayanan pada pelanggan.Karena dalam pengembangan TI harus lebih baik.

Pada era sekarang seharusnya dalam melakukan perhitungan dan pembayaran PLN sudah menggunakan metode Android yang canggih,sehingga dapat di akses di mana saja saat seseorang tidak bisa melakukan pembayaran pada loket PLN,tapi dalam hal ini terus di benahi dan perbaiki.

Sehingga dalam memenuhinya di butuhkan terobosan yang sangat baik pada semua karyawan dengan cara selalu melihat pekembangan teknologi yang semakin maju pesat ini,apalagi Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mencanang program perbaikan kualitas manusia dalam pengembangan TI di Kota Banyuwangi.

2.Teori Pemograman

2.1.Visual C sharp

C# (dibaca C Sharp) merupakan suatu bahasa pemrograman yang dibuat oleh Microsoft yang digunakan oleh banyak developer .NET untuk mengembangkan aplikasi dengan platform .NET. Bahasa ini merupakan bahasa yang berorientasi Object Oriented Programming, dan memiliki inti, banyak kemiripan seperti bahasa C++, Java,  dan VB. Faktanya, C# mengkombinasikan kekuatan dan efisiansi dari C++, sederhana dan kemudahan desain layaknya Java, dan bahasa yang sangat simpel seperti VB.

Seperti halnya bahasa pemrograman yang lain, C# bisa digunakan untuk membangun berbagai macam jenis aplikasi, seperti aplikasi berbasis windows (desktop) dan aplikasi berbasis web serta aplikasi berbasis web services. C# menghilangkan beberapa hal yang bersifat kompleks yang terdapat dalam beberapa macam bahasa pemrograman seperti Java dan C++, termasuk diantaranya mengilangkan macro, templates, multiple inheritance dan virtual base classes.

Kunci dari bahasa pemrograman yang bersifat Object Oriented adalah encapsulation, inheritance, dan polymorphism. Encapsulation, dimana semua fungsi ditempatkan dalam satu paket (single package). Inheritance, adalah suatu cara yang terstruktur dari suatu kode-kode pemrograman dan fungsi untuk menjadi sebuat program baru dan berbentuk suatu paket. Sedangkan polymorphism, adalah kemampuan untuk mengadaptasi apa yang diperlukan untuk dikerjakan. Sifat-sifat tersebut di atas, telah di miliki oleh C# sehingga bahasa C# merupakan bahasa yang bersifat Object Oriented.

Dengan dukungan penuh dari Microsoft yang akan mengeluarkan produk-produk utamanya dengan dukungan Framework .NET, maka masa depan bahasa C# sebagai salah satu bahasa pemrograman yang ada di dalam lingkungan Framework .NET akan lebih baik.

Microsoft Visual Basic 2008 adalah Salah satu kelompok bahasa pemrograman yang dibua Microsoft dan tergabung dalam satu paket bahasa pemrograman tersebut terdiri dari Microsoft Visual C# 2008, Microsoft Visual Basic 2008, Microsoft C++ dan Microsoft Web developer 2008. (Hendrayudi 2009, h.2)

2.2.Method

pengertian Method adalah merupakan suatu operasi berupa fungsi-fungsi yang dapat dikerjakan oleh suatu object. Method didefinisikan pada class akan tetapi dipanggil melalui object.
Contoh : pada object mangga : terdapat method ambilRasa , kupasKulit dan lain-lain.

Metode menentukan perilaku objek, yakni apa yang terjadi ketika objek itu dibuat serta
berbagai operasi yang dapat dilakukan objek sepanjang hidupnya.
Metode  memiliki 4 (empat) bagian dasar :
1. Nama metode
2. Tipe Objek atau tipe primitive yang dikembalikan metode.
3. Daftar parameter.
4. Badan atau isi metode.
Tiga bagian pertama mengindikasikan informasi penting tentang metode itu sendiri.
Dengan kata lain, nama metode tersebut=metode lain dalam program. Dalam java kita
dapat memiliki metode-metode berbeda yang memiliki nama sama tetapi berbeda tipe
kembalian atau daftar argumennya, sehingga bagian-bagian definisi metode ini menjadi
penting. Ini disebut overloading metode.

Untuk menjalankan program yang memiliki sifat polymorphism tersebut, diperlukan
suatu kemampuan overloading, yaitu suatu kemampuan untuk menentukan fungsi
yang mana yang harus digunakan atau dijalankan jika terdapat nama fungsi yang sama.
Polimorfisme bisa diartikan seperti kemampuan

suatu variable untuk mengubah
perangai sesuai dengan objek hasil instansiasi yang digunakan. Polimorfisme
membiarkan lebih dari 1 objek dari sub class sub class dan diperlakukan sebagai
objek dari super class tunggal.

2.3.Function

Fungsi atau function adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah dengan mengembalikan hasil.
Prosedur adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa mengembalikan suatu nilai hasil. Secara umum method dalam java adalah sebuah fungsi.
Setiap method menghasilkan suatu nilai dengan tipe data tertentu yang dinamai Return Type. Apabila terdapat suatu fungsi yang tidak menghasilkan suatu nilai apapun maka bagian return type ini diganti dengan void.
Penamaan method mengikuti kaidah penamaan seperti pada penamaan variabel.
Bagian parameter pada method diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Passing Parameter  dilakukan dengan cara pass by value dan pass by reference.
Dengan analogi tersebut, otomatis beberapa hal umum seperti local variable,
pemanggilan method, pendefinisian return value type.

3.Diagram Flowchart Method.

Gambar 1 menunjukkan proses diagram method secara keseluruhan mulai dari perhitungan harga per-Kwh pada meteran listrik dan biaya-biaya lainya,proses selanjutnya adalah memasukkan(input) angka,proses angka yang di ketahui,seleksi angka untuk menunjukkan hasil dalam perhitungan,keluar(output) hasil akhir dari angka dan jumlah.

1

        Gambar 1.Diagram Proses perhitung,pembayaran dan denda pada pemograman.

4.Diagram Flowchart Function.

4.1.Input Function

Gambar  4.1 sampai dengan gambar 4.5 menunjukkan diagram pemrosesan dalam pengimputan dengan mengggunakan metode fuction yakni prosesnya secara detail dengan satu persatu.

2

Gambar4. 1.Diagram Proses perhitungan.

4.2.Fuction Proses

3

Gambar  4.2.Diagram proses memasukkan penggunaan daya listrik

 

4.3.Function  Seleksi

4

 Gambar  4.3.Diagram proses memasukkan seleksi pada pengguna daya listrik

4.4. Function Denda

5

 Gambar  4.4.Diagram proses denda pada pengguna daya listrik

 4.5.Function  Output

6 Gambar  4.5.Diagram proses ouput pada pembayaran daya listrik

 

5.Hasil pemograman dan pembahasan

Hasil pengujian proses method dan function dengan menggunakan program yang dibuat dengan C# (CSharp) dari input sampai dengan ouput pemograman bisa dilakukan dengan baik seperti gambar di bawah ini:

7

Gambar  1.Gambar proses  pemograman input pada daya tagih listrik

8Gambar 2.Gambar poses pemograman ouput daya tagih listrik

6.Kesimpulan

 

 Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi,
artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil
sehingga nantinya dapat digunakan berulang-ulang,
daripada menulis beberapa baris kode yang sama.
Method dalam Java mirip dengan fungsi atau procedure dalam bahasa pemrograman yang lain.
Pada konsep Object Oriented Programming, Function lebih dikenal dengan istilah Method dimana merupakan suatu bagian dari Object yang mendefinisikan apa yang bisa Object tersebut lakukan.
Jadi :
Method adalah fungsi atau prosedur yang dibuat oleh seorang programmer didalam suatu Class.
Method dapat dibagi menjadi fungsi dan prosedur.

Function adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah dengan mengembalikan hasil.Prosedur adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa mengembalikan suatu nilai hasil.

 

7.Daftar Pustaka:

  1. Adi Nugroho, Algoritma dan Struktur Data Dengan C#, Andi Offset, 2009.
  2. Jaenudin.  Belajar Sendiri .Net dengan Visual C# 2005. Yogyakarta: ANDI, 2006.
  3. Munir Renaldi, Lidya Leoni, 1997, Algoritma Dan Pemrograman Jilid1dan Jilid2, Informatika, Bandung.
  4. Sharp John, 2008, Microsoft Visual C# 2008, Microsoft, Washington.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s