TUGAS 1(class,method,identifier)

1.Jelaskan apa pengertian class
dan bagaimana syntax pembuatan class di C#,C++,JAVA?

.Class adalah Merupakan  suatu cetakan  untuk  menciptakan  suatu  instant dari  object.
class  juga  merupakan  grup suatu  object  dengan  kemiripan  attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.

C#

using System;
using System.Collections.Generic;
using System.Linq;
using System.Text;

namespace class_coba
{

class Perkalian
{
private
int nilai1;
int nilai2;
int hasil;
public void input(int r , int v)
{
nilai1 = r;
nilai2 = v;
hasil=nilai1* nilai2;
}
public void hasilperkalian()
{
Console.WriteLine(hasil);
}
}
}

namespace class_coba
{

class Program
{
public static void Main(string[] args)
{
int r;
int v;
Perkalian b = new Perkalian();
Console.WriteLine("Menghitung Hasil Perkalian");
Console.Write("Masukkan Nilai 1 = ");
r=Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
Console.Write("Masukkan Nilai 2 = ");
v=Convert.ToInt32(Console.ReadLine());
b.input(r,v);
Console.WriteLine();
Console.Write("Hasil Perkalian adalah ");
b.hasilperkalian();
Console.WriteLine();

Console.ReadKey(true);
}
}
}

ini debugnya:

Capture3
C++

#include <iostream>
#include <cstdlib>

using namespace std;

class Perkalian
{
private :
int angka1;
int angka2;
int hasil;
public :
void input(int r, int v)
{
angka1=r;
angka2=v;
hasil=nilai1*nilai2;
}
void HasilPerkalian()
{
cout<<hasil;
}

};

int main()
{
int r;
int v;

Perklian ;
cout<<"Masukkan angka1 = ";
cin>>x;
cout<<"Masukkan angka2 = ";
cin>>y;

menghitung.input(r,v);
cout<<endl;
cout<<"Hasil perkalian adalah ";

menhitung.hasilperkalian();
cout<< endl;
system("pause");
return 0;
}

ini debugnya:
Capture1JAVA


package class_java;
import java.util.Scanner;
class menghitung {
public static Scanner input = new Scanner(System.in);
public int perkalian(int r, int v) {
int z = (int)(r * v);
return z;
}
public void hasil(String comment, int r) {
System.out.println();
System.out.printf(comment);
System.out.print(r);
}
}
public class Main {
public static Scanner input = new Scanner(System.in);
public static int angka(String yes) {
int v = 0;
System.out.print(yes);
v= input.nextByte();
return v;
}

public static void main(String[] args) {
menghitung proses = new menghitung();
int r, v, z;
r = angka("inputkan angka pertama : ");
v = angka("inputkan angka kedua  : ");
z = proses.perkalian(r, v);
proses.hasil("Hasil Perkalian : ", z);
}
}

ini debugnya:
Capture2

2.Jelaskan apa pengertian identifier(private,public,protected)

Apa perberdaan ketiga indentifier tersebut,
serta tunjukkan contoh syntaxnya di C#,java dan C++?

*public

Modifier public akan membuat class, method, variabel yang menggunakanya bersifat umum, alias dapat dipanggil oleh semua kelas. baik dari satu paket yang sama atau berlainan paket. public juga akan memperbolehkan akses terhadap semua kelas yang diinstan dari kelas tersebut.

*private

Modifier private, menunjukkan bahwa suatu class, method atau variabel hanya dapat diakses dari dalam kelas tersebut. modifier ini biasanya digunakan untuk kelas, method, atau variabel yang memang ingin disimpan atau tidak dapat digunakan oleh kelas yang lain (tidak berguna untuk kelas yang lain).

*protected

Modifier protected, digunakan kalau suatu class, method atau variabel ingin digunakan hanya oleh kelas-kelas yang satu paket dengan kelas tersebut atau sub kelas dari kelas tersebut baik yang satu paket atau lain paket.

Perbedaannya:

–Public : Public menyatakan bahwa deklarasi variable atau item-item yang ada didalam class dapat diakses diluar class.berfungsi untuk memberikan hak akses secara umum (public) kepada kelas-kelas turunannya maupun terhadap lingkungan luar di dalam program.
-Private : berguna untuk memberikan hak akses data hanya kepada kelas yang bersangkutan saja. Artinya kelas-kelas turunan ataupun lingkungan luar di dalam program tidak diizinkan untuk mengakses data tersebut. Dalam C++, untuk menentukan data tersebut bersifat private, maka kita harus menggunakan keyword private.
-Protected : hanya dapat diakses oleh fungsi anggota kelas tersebut dan fungsi-fungi anggota kelas turunan

C#

string nama;
byte tambah_umur;
int angka;
class perkalian;
private total()

————————————————————————————————————————————————————
C++

#include <iostream>
#include <cstdlib>
using namespace std;
int main()
{
int x;
int y;
int z;
cout <<"masukkan angka ganjil :";
cin>>x;
cout <<"masukkan angka genap :";
cin>>y;
cout <<"masukkan angka keseluruhan :";
cin>>z;
system("pause");
return 0;
}

————————————————————————————————————————————————————-
JAVA


package latihan_java;
import java.util.Scanner;
class perkalian;
int angka;
byte bilangan;
string nama;
private total()

————————————————————————————————————————————————————–
3.Jelaskan apa pengertian method (void dan fuction),jelaskan perbedaan kedua method

tersebut,serta tunjukan contoh syntaxnya di C#,java dan c++?

Method adalah sarana bagi programmer untuk memodularisasi,
artinya membreak atau memecah program kompleks menjadi bagian yang kecil-kecil
sehingga nantinya dapat digunakan berulang-ulang,
daripada menulis beberapa baris kode yang sama.
Method dalam Java mirip dengan fungsi atau procedure dalam bahasa pemrograman yang lain.
Pada konsep Object Oriented Programming, Function lebih dikenal dengan istilah Method dimana merupakan suatu bagian dari Object yang mendefinisikan apa yang bisa Object tersebut lakukan.
Jadi :
Method adalah fungsi atau prosedur yang dibuat oleh seorang programmer didalam suatu Class.
Method dapat dibagi menjadi fungsi dan prosedur.
Fungsi adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah dengan mengembalikan hasil.
Prosedur adalah bagian atau sub dari program yang mempunyai algoritma tertentu dalam menyelesaikan suatu masalah tanpa mengembalikan suatu nilai hasil. Secara umum method dalam java adalah sebuah fungsi.
Setiap method menghasilkan suatu nilai dengan tipe data tertentu yang dinamai Return Type. Apabila terdapat suatu fungsi yang tidak menghasilkan suatu nilai apapun maka bagian return type ini diganti dengan void.
Penamaan method mengikuti kaidah penamaan seperti pada penamaan variabel.
Bagian parameter pada method diisi dengan parameter-parameter fungsi yang diperlukan. Passing Parameter  dilakukan dengan cara pass by value dan pass by reference.
Dengan analogi tersebut, otomatis beberapa hal umum seperti local variable,
pemanggilan method, pendefinisian return value type.

perbedaa:

Perbedaan antara function dan procedure adalah : kalau function dia akan mengembalikan suatu nilai pada  pemanggilnya, sedangkan kalau procedure dia tidak akan mengembalikan nilai apapun pada fungsi pemanggilnya. Untuk lebih jelasnya saya akan memberikan contoh studi kasus program untuk menghitung luas persegi panjang dalam bahasa Java. Berikut ini merupakan source code procedure yang digunakan untuk menghitung luas persegi panjang

 public void HitungLuasPersegiPanjang(int p, int l)
 {
 int luasPersegiPanjang;

luasPersegiPanjang = p * l;

System.out.println(“Luas persegi panjang = ” + ” ” + luasPersegiPanjang);
 }

Berikut ini merupakan source code function untuk menghitung luas persegi panjang

public int HitungLuasPersegiPanjang(int p, int l)
 {
 int luasPersegiPanjang;

luasPersegiPanjang = p * l;
 return luasPersegiPanjang;
 }

Perhatikan kata yang saya cetak tebal baik pada source code procedure maupun source code function. Seperti yang telah disebutkan diatas bahwa procedure tidak mengembalikan suatu nilai apapun pada fungsi pemanggilnya sehingga tipe data yang digunakan adalah void. Sedangkan tipe data yang digunakan pada function adalah tipe data sesuai dengan nilai yang dikembalikan. Pada kasus ini tipe data yang digunakan untuk menghitung luas persegi panjang adalah integer (dideklarasikan sebagai int di Java).  Perbedaan berikutnya, kalau pada function terdapat statement return yang berguna untuk mengembalikan nilai pada pemanggilnya. Sedangkan pada procedure tidak terdapat statement return. Pada procedure HitungLuasPersegiPanjang, setelah nilai luas persegi panjang didapatkan, maka nilai luasnya akan langsung dicetak. Hal ini ditandai dengan statement System.out.println. Perbedaan berikutnya adalah cara pemanggilan. Untuk procedure pemanggilan dilakukan dengan memanggil nama procedurenya saja. Untuk function pemanggilan harus menggunakan variabel untuk menampung nilai yang dikembalikan oleh function. Untuk lebih jelasnya coba perhatikan cara pemanggilan procedure dan function dibawah ini

Cara memanggil procedure

HitungLuasPersegiPanjang(p, l);

Cara memanggil function

luas = HitungLuasPersegiPanjang(p, l);

Untuk pemanggilan procedure cukup dituliskan nama procedurenya, yaitu HitungLuasPersegiPanjang lengkap dengan parameter procedurenya yaitu p, dan l. Sedangkan untuk memanggil function HitungLuasPersegiPanjang, maka nilai luas persegi panjang yang dikembalikan oleh function ini harus  ditampung terlebih dahulu di variabel yang bernama luas. Dimana variabel ini harus memiliki tipe data yang sama dengan tipe data function, yaitu integer. Nama function harus ditulis lengkap dengan parameter functionnya, yaitu p dan l.

Nach kapan waktunya kita menggunakan function dan procedure ?. Kamu dapat menggunakan function apabila kamu membuat suatu method yang perlu mengembalikan nilai pada pemanggilnya. Sedangkan kamu perlu menggunakan procedure apabila method tersebut tidak perlu untuk mengembalikan nilai ke pemanggilnya. Pada contoh kasus HitungLuasPersegiPanjang ini method yang lebih cocok dipakai adalah function daripada procedure. Hal ini disebabkan karena method ini digunakan untuk menghitung luas persegi panjang, dimana nilai yang perlu dikembalikan pada fungsi pemanggilnya adalah nilai luas persegi panjang.

C# dengan FUNCTION
using System;namespace csharp
 {
 class Program
 {
 private static byte masuk(string a)
 {
 byte data;
 Console.Write(a);
 data=Convert.ToByte(Console.ReadLine());
 return data;
 }
 private static void penjumlahan(byte a,byte b)
 {
 byte data;
 data=Convert.ToByte(a+b);
 Console.WriteLine("Penjumlahan {0} dengan {1} = {2}",a,b,data);
 }
 private static void pengurangan(byte a,byte b)
 {
 byte data;
 data=Convert.ToByte(a-b);
 Console.WriteLine("Pengurangan {0} dengan {1} = {2}",a,b,data);
 }
 private static void perkalian(byte a,byte b)
 {
 byte data;
 data=Convert.ToByte(a*b);
 Console.WriteLine("Perkalian {0} dengan {1} = {2}",a,b,data);
 }
 private static void pembagian(byte a,byte b)
 {
 double data;
 data=Convert.ToDouble(a/b);
 Console.WriteLine("Pembagian {0} dengan {1} = {2}",a,b,data);
 }
 public static void Main(string[] args)
 {

byte a,b;
 a=masuk("Nilai 1 = ");
 b=masuk("Nilai 2 = ");
 perkalian(a,b);
 pembagian(a,b);
 penjumlahan(a,b);
 pengurangan(a,b);

Console.Write("Press any key to continue . . . ");
 Console.ReadKey(true);
 }
 }
 }

C++ dengan function


#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;
int nilai(string a)
{
int data;
cout<<a;
cin>>data;
return data;
}
void perkalian(int a,int b)
{
int data;
data=a*b;
cout<<"Perkalian dari "<<a<<" dengan "<<b<<" = "<<data<<endl;
}
void pembagian(int a,int b)
{
double data;
data=a/b;
cout<<"Pembagian dari "<<a<<" dengan "<<b<<" = "<<data<<endl;
}
void penjumlahan(int a,int b)
{
int data;
data=a+b;
cout<<"Pemnjumlahan dari "<<a<<" dengan "<<b<<" = "<<data<<endl;
}
void pengurangan(int a,int b)
{
int data;
data=a-b;
cout<<"Pengurangan dari "<<a<<" dengan "<<b<<" = "<<data<<endl;
}
int main(int argc, char *argv[])
{
int a,b;
a=nilai("Nilai 1 = ");
b=nilai("Nilai 2 = ");
perkalian(a,b);
pembagian(a,b);
penjumlahan(a,b);
pengurangan(a,b);
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}

JAVA dengan function


package java_function;

import java.util.Scanner;

public class Main {

public static Scanner input=new Scanner(System.in);
static byte masuk(String a)
{
byte data;
System.out.print(a);
data=input.nextByte();
return data;
}
static void perkalian(byte a,byte b)
{
byte data;
data=(byte)(a*b);
System.out.println("Perkalian dari "+a+" Dengan "+b+" = "+data);

}
static void pembagian(byte a,byte b)
{
double data;
data=(double)(a/b);
System.out.println("Pembagian dari "+a+" Dengan "+b+" = "+data);

}
static void penjumlahan(byte a,byte b)
{
byte data;
data=(byte)(a+b);
System.out.println("Penjumlahan dari "+a+" Dengan "+b+" = "+data);

}
static void pengurangan(byte a,byte b)
{
byte data;
data=(byte)(a-b);
System.out.println("pengurangan dari "+a+" Dengan "+b+" = "+data);

}
public static void main(String[] args) {
byte a,b;
a=masuk("Nilai 1 = ");
b=masuk("Nilai 2 = ");
perkalian(a, b);
pembagian(a, b);
penjumlahan(a, b);
pengurangan(a, b);

}

}

ini adalah contoh VOID yang menggunakan C++


#include <cstdlib>
#include <iostream>

using namespace std;
int inpt()
{
int masuk;cin>>masuk;return masuk;
}
void proses(int a,int b)
{
int pros = a*b/2;
cout << " luas segitiga adalah : "<<pros;
}
int main(int argc, char *argv[])
{
cout<< " menghitung luas segitiga ";
cout<<endl;
cout<<endl;
int a,b;
cout<<" input alas = ";
a=inpt();
cout<<" input tinggi = ";
b=inpt();
proses(a,b);
cout<<endl;
cout<<endl;
system("PAUSE");
return EXIT_SUCCESS;
}

Itu dari penjelasan dan contoh program saya berharap dapat di pahami dan di mengerti….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s