SOFTWARE MODELLING

 Sistem Informasi Kasir Toko Septau Bata

Toko Sepatu Bata adalah sebuah toko dalam penjualan sepatu berbagai segala jenis model sepatu  ternama mulai dari anak- anak hingga dewasa. Di dalam toko Bata terdapat ada beberapa orang customer(pelanggan),penjaga toko,kasir .

Dalam melakukan pembayaran,para pelanggan dapat membayar langsung di kasir dan dalam pekerjaan kasir di toko sepatu bata dapat melakukan dua hal yakni dengan pencatatan pembayaran dan pengecekan pembayaran. Dalam pembayaran hanya di lakukan satu tahapan,klu pengecekan dilakukan tiga tahap Karena untuk mempermudah dalam tutup buku satu bulan.

Ada beberapa mekanisme dalam pengelolahan data pada rantai software modelling di antaranya:

  • Customer(Pelanggan): melihat dan memilih sepatu,membeli,membayar.
  • Penjaga toko : melayanin pembeli,transaksi jual sepatu.
  • kasir :menerima pembayaran,mencatat pembayaran transaksi sepatu, Pembayaran

1

  1.  Bussines Proses

Bussines proses adalah adalah sebuah gambaran Sistem Informasi dari proses penjualan toko sepatu bata.yang dalam terdapat aliran perdagangan dalam penjualan sepatu,yakni pelanggan melihat dan membeli,lalu para penjaga toko melayanin dengan baik dan pelanggan setelah membeli dan melakukan transaksi penjualan sepatu yang sepakat,pelanggan membayar ke bagian kasir dan menerima dan mencatat pembayarannya dan kemudian di beri nota pembayaran.1

Dari gambar dibawah bisa dilihat proses dari penjualan sepatu serta membeli sampai pembayaran di kasir toko sepatu Bata . Kemudian untuk tanda plus (+) dan min (-) adalah aktifitas yang bisa dibantu dengan Program.

22.       Usecase

Use case adalah gambaran Actor(pemeran)  dan aktifitasnya dalam bussines proses. Tidak semua aktifitas digambarkan dalam usecase tapi hanya aktifitas yang bisa dibantu dengan program dalam melakukan pembelian serta penjualan sepatu sampai pembayaran di kasir.

Dalam Proses Use Case tersebut terdaftar 3 aktor yang saling berkomunikasi pada sebuah sistem informas penjualanidi toko maupun dalam komputer yang valid, sehingga memudahkan Customer dalam bertransaksi pembayaran di kasir, terdapat beberapa aktor didalamnya yaitu Customer, Penjaga toko, kasir.

33.       Desain Gui

Desain Gui adalah desain user dalam cara pembelian secara online yang nantinya dipakai pada tampilan Aplikasi yang kita buat. Disarankan untuk desain Gui-nya tidak jauh berbeda dengan desain manualnya.

Sistem Informasi KASIR.

  1. Mencatat pembayaran

4

     2.Pengecekan pembayaran

5

4.       Diagram Activity

Diagram Activity adalah gambar dari aktifitas yang terjadi pada form. Mulai dari menginputkan data atau mengeksekusi data seperti menekan click pada suatu button.

Dari diagram activity ini bisa ditentukan aktifitas mana yang perlu adanya koneksi data dengan database yang akan di gambarkan pada bahasan selanjutnya yaitu Diagram squence.

  1. Proses pencatatan pembayaran

6               2.Proses pengecekan pembayaran

7

 

 

5.Diagram Squence

Diagram squence adalah Diagram yang menggambarkan komunikasi data antara actor,  form, bahasa pmrograman dan database.  Element-element tersebut dalam UML disebut object. Object – object tersebut digambarkan menurut teknologi yang dipakai. Jika memakai teknologi Client-server maka objectnya berjumlah 3 yaitu : Actor, form+bahasa pmrograman dan database. Sedangkan jika menggunakan teknologi multitier maka objectnya berjumlah 4, yaitu : actor, form, bahasa pmrograman dan database.

A.Pencatatan pembayaran

8

B.Pengecekan pembayaran

9

6.Class Diagram

Class diagram adalah desain koneksi antar class dan penulisan variabel serta method – method yang digunakan pada Class tersebut. Untuk penulisan variabel ditulis dengan tanda minus
(-) sebelum menulis nama variabelnya. Untuk method diawali dengan tanda plus (+) sebelum menulis nama methodnya.

A.Pencatatan bayar(kasir)

10

B.Pengecekan bayar(kasir)

11

7. Algoritma

Langkah akhir untuk mendesain sebuah sistem informasi adalah membuat algoritma pada tiap-tiap method yang ditulis pada class diagram. Pengertian algoritma itu sendiri adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis. Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.

  1. Proses Mencatat pembayaran

12           2. Proses Pengecekan  Pembayaran

13

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s